2013/08/04

Fourth day and i'm really running out of things

Sehari sebelum UAN SMP,
The huge fight. The day i threw a plate of spaghetti while yelling...then ate it afterwards. The day of my first pack-for-your-life packing time. The day when mum called a pick-up to bring our belongings to our temporary house. The day that i regret until now.

Tiga hari UAN SMP,
First thing i did, ke guru BK, cuma buat bilang "bu, saya diusir" then did the tests as if nothing happened. While on the inside, i cried. Masih jadi semacam anak baik, diskusi setelah ujian, pake ngotot ke guru bahasa inggris tentang jawaban yang bener. Pulangnya udah pasrah dapet nilai gimana, cuma berdoa supaya cukup buat masuk 70, soalnya terlalu pede dan lepas sma labschool padahal udah diterima.

Hari pengumuman kelulusan,
Orang tua dikumpulin di kelas, dibagiin amplop isi nilai UAN. Gue ga liat reaksi mama di dalem, then she texted me, "nilai kakak ancur". My heart skipped a beat, udah kebayang yang macem-macem, sekolah gue kedepannya gimana? Muka lemes pas mama keluar, gue dikasih amplopnya, kata mama bahasa indonesia gue yang ancur. Gue buka amplop itu....yep, bahasa indonesia paling jelek, 8,6. Berasa jantung dibalikin lagi ke tempatnya. Tapi rata-rata 9koma, mudah-mudahan cukup buat masuk sekolah.

Hari wisuda,
Hari terakhir pake putih-biru. Yang nilainya sempurna dan paling tinggi dipanggil ke depan. Di bahasa inggris, nama gue dipanggil. Mama juga ke depan buat foto bersama gue dan piagam yang gue dapet. Tau namanya bangga? Itu yang gue liat di mata mama pas jalan ke depan. Di hari itu, gue sadar, gue ga bisa banyak bantu mama, belom bisa, tapi seenggaknya gue bisa ngurangin sebagian pikiran mama dengan cara ngebahagiain mama. Salah satunya dengan piagam ini.
Tunggu ya ma, taun depan ayin bakal bikin senyum mama lebih lebar lagi di sabuga.

No comments: